ABOUT

Sekretariat-Sakuntala

Sakuntala adalah mahasiswa pecinta alam sebelum STEI merubah formatnya dari Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Akuntansi seperti sekarang. Sakuntala berdiri tanggal 4 November 1977. Sakuntala tidak hanya berorientasi pada kepecintaalaman saja tetapi dibidang pendidikan dan pengabdian lingkungan hidup juga kemasyarakatan (sosial).

Seiring dengan berjalannya waktu Sakuntala merasa perlu untuk membuat perubahan agar Sakuntala menjadi organisasi yang sistematis dan terorganisir. Perubahan ini terjadi pada tahun 1988 yang dirumuskan di Cisalada Gn. Putri Jawa Barat. Oleh Sebagian anggota Sakuntala. Salah satu perubahan itu adalah dalam hal perekrutan anggota tetap Sakuntala yaitu diadakan DiklatSar (Pendidikan Dasar) yang berkerjasama dengan Paskhas TNI AU. Sampai saat ini Sakuntala telah melaksanakan DiklatSar sebanyak 16 kali.

Divisi yang ada di Sakuntala adalah

* Divisi Hutan Gunung

Divisi ini adalah wahana bagi orang yang sangat mencintai gunung. Teapi tidak hanya sampai disitu didalam divisi ini juga di pelajari materi lainnya seperti :

– Search And Rescue (SAR)

– Navigasi Darat

– Survival

– P3K

– Sosial Pedesaan

– Manajemen Perjalanan

– Dll.

* Divisi Rock Climbing

Panjat tebing merupakan olah raga petualangan yang selain menuntut kemampuan fisik pemanjatnya juga menuntut mental dan skill serta.Divisi ini adalah wadah bagi anggota yang ingin mengeluti kagiatan panjat tebing secara lebih jauh. Semua materi dasar panjat tebing berguna untuk mengembangkan kemampuan anggotanya menjadi pemanjat profesional. Selanjutnya latihan yang intensif dan efektif sudah bukan merupakan rahasia umum bila ingin sukses di divisi ini.

* Divisi Caving

Tertarik dengan dunia bawah tanah ? Divisi ini cocok buat kamu yang senang tantangan memasuki dunia bawah tanah. Kegiatan penelusuran goa merupakan kegiatan yang membutuhkan mental ekstra, dikarenakan kamu memasuki dunia yang lain dimana yang ada cuma gelap, lembab dan sempit. Untuk menjadi cavers harus mempunyai kualifikasi sebagai berikut :

– Tidak takut gelap

– Tidak phobia akan tempat sempit

– Mengerti SRT (Single Rope Technic)

– Mengenal simpul tali

* Divisi Arung Jeram

Rafting atau yang sering dikenal dengan arung Jeram. Didalam pengarungan sungai seseorang harus mengetahui karakteristik dari sungai tersebut. Dalam divisi ini kita wajib bisa berenang dan mengetahui tehnik mengendalikan perahu karet.Materi – materinya :

– Pengenalan karakteristik sungai

– Pengenalan peralatan pengarungan

– Tehnik pengarungan sungai

– Search And Rescue

Pecinta Alam Mahasiswa STEI ” Sakuntala”

Sekretariat:

Kampus A STEI

Jl. Kayu jati Raya No. 11A

Rawamangun, Jaktim Indonesia

E-mail : bph@sakuntala.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *