Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam setiap pendakian

sakuntala-gunung-salak

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam setiap pendakian :

  • Jumlah anggota dalam setiap pendakian minimalnya 3 orang, kecuali kalau pendukung yang telah diatur sebelumnya cukup memadai.
  • Jagalah agar anggota kelompok tetap bersama.
  • Janganlah mendaki diluar / melebihi batas kemampuan diri sendiri dan tim.
  • Bawalah setiap saat makanan, pakaian, peralatan dan perlengkapan secukupnya.
  • Tinggalkanlah daftar Rencana Operasional Perjalanan dan daftar barang bawaan kita pada orang yang berkepentngan (keluarga, organisasi, dsb).
  • Ikutilah aturan / saran dari para pendaki gunung yang sebelumnya telah mendaki gunung tersebut, melalui buku-buku atau sumber informasi lainnya.
  • Berusahalah untuk bertindak / berlaku bijak sebagai Pencinta Alam yang benar-benar menjaga kelestarian alam & lingkungan dalam setiap kesempatan mendaki gunung.

2. Jenis Perjalanan / Pendakian

Mountaineering dalam arti luas adalah suatu perjalanan yang meliputi mulai dari hill walking sampai pada ekspedisi pendakian ke puncak-puncak yang tinggi dan sulit dengan memakan waktu yang lama, berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Menurut kegiatan dan jenis medan yang dihadapi, mountaineering dapat dibagi menjadi :

I. Hill Walking

Perjalanan mendaki bukit-bukit yang relative landai dan yang tidak atau belum membutuhkan peralatan-peralatan. Untuk pengaman jalur lintasan biasanya tali dipasang.

II. Scrambling

Pendakian pada permukaan yang tidak terlalu terjal, namun tangan digunakan untuk keseimbangan. Namun bagi pemula, sebaiknya dipasang tali untuk pengaman jalur lintasan dan mempermudah perjalanan.

III. Climbing

Kegiatan pendakian ini membutuhkan tekhnik pemanjatan dan penguasaan peralatan tekhnis. Climbing terbagi atas 2 (dua) bagian, yakni :

Rock Climbing
Pendakian yang dilakukan pada pemanjatan tebing batu yang cukup terjal.

Snow & Ice Climbing
Pendakian pada dinding yang permukaannya tertutup salju dan es. Dalam hal ini peralatan khusus sangat dibutuhkan seperti ice axe, crampon, ice screw, dsb.

IV. Mountaineering

Merupakan gabungan perjalanan dari semua bentuk pendakian diatas. Bisa berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Disamping penguasaan teknik dan peralatan mendaki, yang perlu dikuasai pula yaitu manajemen perjalanan dan perbekalan.

Check Also

Kegiatan Mendaki Gunung

Kegiatan Mendaki Gunung

  Kegiatan mendaki gunung telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan menurut kisah Mahabarata. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *